4 Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0
Peran guru secara utuh sebagai pendidik, pengajar,
pembimbing, "orang tua" di sekolah tidak akan bisa digantikan
sepenuhnya dengan kecanggihan teknologi. Karena sentuhan seorang guru kepada
para peserta didik memiliki kekhasan yang tidak bisa dilakukan oleh sembarang
orang atau digantikan teknologi.
Meskipun profesi guru tidak mendapatkan pengaruh secara
signifikan dengan adanya revolusi industri 4.0, namun guru tidak boleh terlena
dengan kondisi yang ada, guru harus terus meng-upgrade diri agar bisa
menjadi guru yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang lebih
berkualitas.
Untuk menyiapkan para guru menghadapi perkembangan zaman
yang terus berkembang, setidaknya ada 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh
guru pada era revolusi industri 4.0 ini. 4 Kompetensi tersebut adalah sebagai
berikut:
1. Guru Harus Mampu Melakukan Penilaian Secara Komprehensif
Penilaian tidak hanya bertumpu pada aspek kognitif atau
pengetahuan saja. Namun penilaian yang dilakukan oleh guru di era sekarang
harus mampu mengakomodasi keunikan dan keunggulan para peserta didik, sehingga
para peserta didik sudah mengetahui segala potensi dirinya sejak di bangku
sekolah.
Guru masa kini harus mampu merancang instrumen penilaian
yang menggali semua aspek yang menyangkut siswa, baik pengetahuan, keterampilan
dan karakter. Semua aspek tersebut harus tergali, terasah dan terevaluasi
selama proses pembelajaran di kelas.
Selain perancangan instrumen penilaian, guru masa kini pun
harus mampu membuat laporan penilaian yang menggambarkan keunikan dan keunggulan
setiap siswa. Laporan penilaian ini akan sangat bermanfaat bagi peserta didik
dan orang tuanya sebagai bagian dari feed back untuk terus
meningkatkan hasil capaian pendidikannya.
2. Guru Harus Memiliki Kompetensi Abad 21
Untuk mewujudkan siswa yang memiliki keterampilan abad 21
maka gurunya pun harus memahami dan memiliki kompetensi tersebut. Ada 3 aspek
penting dalam kompetensi abad 21 ini, yaitu:
Karakter, karakter yang dimaksud dalam kompetensi abad 21
terdiri dari karakter yang bersifat akhlak (jujur, amanah, sopan santun dll)
dan karakter kinerja (kerja keras, tanggung jawab, disiplin, gigih dll).
Keterampilan, keterampilan yang perlu dimiliki oleh guru
masa kini untuk menghadapi peserta didik abad 21 antara lain kritis, kreatif,
kolaboratif dan komunikatif.
Literasi, kompetensi abad 21 mengharuskan guru melek
dalam berbagai bidang. Setidaknya mampu menguasai literasi dasar seperti
literasi finansial, literasi digital, literasi sains, literasi kewarnegaraan
dan kebudayaan.
3. Guru Harus Mampu Menyajikan Modul Sesuai Passion Siswa
Di era perkembangan teknologi yang semakin berkembang, modul
yang digunakan dalam pembelajaran tidak selalu menggunakan modul konvensional
seperti modul berbasis paper.
Guru masa kini harus mampu menyajikan materi pelajaran dalam
bentuk modul yang bisa diakses secara online oleh para peserta didik. Sudah
banyak fitur yang bisa dijadikan oleh guru sebagai sarana untuk mengembangkan
modul berbasis online.
Namun demikian ketersediaan fitur untuk modul online ini
harus dibarengi dengan kemampuan guru dalam mengemas fitur-fitur tersebut.
Kombinasi antara pembelajaran tatap muka di kelas (konvensional) dan
pembelajaran online ini dikenal dengan istilah blended learning.
4. Guru Harus Mampu Melakukan Autentic Learning yang
Inovatif.
Sekolah bukan tempat isolasi para peserta didik dari dunia
luar, justru sekolah adalah jendela untuk membuka dunia sehingga para siswa
mengenali dunia. Untuk menjadikan sekolah sebagai jendela dunia bagi para
peserta didik, guru harus memiliki kompetensi penyajian pembelajaran yang
inovatif.
Pembelajaran yang disajikan harus mengarah pada pembelajaran
yang joyfull and inovatif learning, yakni pembelajaran yang
memadukan hands on and mind on, problem based leraning dan project
based learning.
Dengan pengemasan pembelajaran yang joyfull and
inovatif learningakan menjadikan peserta didik lebih terlatih dan terasah dalam
semua kemampuannya, sehingga diharapkan lebih siap dalam menghadapi
perkembangan zaman.
0 comments:
Post a Comment